Tips & Analisa Kerusakan Pada Kaki-kaki dan Roda

 Berikut ini adalah tips dan bagaimana cara menganalisa kerusakan pada Kaki-kaki dan roda mobil yang bisa menjadi panduan untuk kendaraan anda:

Link Stabiliser
Kecil-kecil cabe rawit, paling kecil malah paling nyaring. Posisinya, menghubungkan stabilizer dengan coilover shock atau lengan ayun dan ikut bergerak naik turun kalau kena lubang. Komponen kecil ini bisa jadi sumber bunyi paling berisik. Karena begitu oblak, bunyinya kletek-kletek. Saking nyaringnya, bisa dideteksi berasal dari roda bagian mana. Tidak berpengaruh pada pengendalian karena hanya berfungsi mengikat stabilizer.

Ball Joint
Peranti ini memegang knuckle yang merupakan lokasi kedudukan roda, sekaligus sebagai penghubung dengan lengan ayun. Seperti tie rod, komponen ini punya bantalan bola yang memungkinkannya untuk bergerak.
Kalau bantalan bolanya mulai kendur, efeknya juga ke pengendalian. Paling parah, memang bisa bikin bunyi kletek-kletek. Namun kalau belum bunyi, bisa bikin handling tidak enak. salah satu indikasinya, posisi sudut roda jadi berubah. Biasanya ban akan termakan bagian dalamnya. Mendeteksi dengan menggoyang ban bisa dilakukan. Tetapi goyangannya atas-bawah. Pasti akan terasa kalau ball joint mulai lemah.

Upper Mount Sokbreker

Posisinya di atas sokbreker dan tampak jika kap mesin dibuka. Kalau sudah apkir, juga bisa bikin bunyi berisik. Namun efek yang sangat terasa adalah pengendalian mobil bisa berubah, terutama yang pakai sistem MacPherson. Karena sudut camber mobil pun bergeser, biasanya cenderung minus. Mirip dengan ball joint, ban juga akan termakan bagian dalamnya.

Bushing Steering Rack
Komponen ini jarang ditengok. Karena analisa terkonsentrasi pada komponen utama. “Getaran akan sampai ke setir kalau lewat jalan jelek,” . Selain itu, “Kalau sudah parah, setir enggak mau balik sendiri setelah lewat belokan,” .

Bushing Stabiliser
Selain diikat dengan link stabilizer, komponen penyeimbang suspensi kiri dan kanan ini juga dipegang bushing dan dilekatkan ke sasis. Karena terbuat dari karet, bunyinya juga bisa kriet-kriet. Namun kalau sudah oblak, “Biasanya bikin suara jeduk saat mobil direm,”.

Tie Rod
Tugasnya mengikat roda sekaligus menuntunnya belok kiri atau kanan buat mengendalikan arah mobil. Kalau komponen ini apkir, justru jarang menimbulkan bunyi lebih dulu. Kalau sudah bunyi, berarti kondisinya sudah sangat buruk.
Efek yang terasa adalah berkurangnya pengendalian. “Mobil akan terasa melayang meski di jalan lurus.
Mendeteksi lebih lanjut, mobil bisa didongkrak dan roda digoyang-goyang kiri-kanan. Harusnya roda tidak goyang. Kalau goyang, berarti bisa jadi tie rodnya yang kena.

Ban
Ini titik paling mudah. Ban bisa benjol menghantam lubang. Benjolannya sangat kasat mata. Pun demikian terasa ketika berjalan, bisa bunyi gluduk-gluduk berirama. Makin kencang, frekuensi bunyi kian rapat. “Kalau benjol di tapak, pasti sangat terasa. Sedangkan benjol di sidewall bisa saja tidak terasa, jadi perlu hati-hati,”
Kalau sudah benjol, sebaiknya ban lekas diganti. Sedikit berbeda kalau ban sempat bocor dan ditambal. Sekali tambal tidak masalah. “Kalau ada dua tambalan, jarak terdekat 5 cm. kalau lebih dekat bisa bahaya dan sebaiknya diganti baru,”

Sokbreker
Paling mudah terlihat di daerah kolong. Di belakang bisa terpisah dari per. Sedangkan di depan, umumnya berupa coilover shock pada suspensi MacPherson. Kalau ada kebocoran dan tampak lelehan olinya, sudah pasti kinerja sokbreker sudah tidak bagus.
Namun kondisinya bisa saja melemah tanpa ada kebocoran. “Biasanya ayunan mobil lebih banyak. Kadang juga timbul bunyi berisik kalau kena lubang,”

Bushing Arm
Wujudnya berupa selongsong besi yang disokong karet. Selain menjadi titik pengikat lengan ayun dengan sasis, karet pada komponen ini juga berfungsi meredam getaran dari kontur jalan sebelum merambat ke sasis.
Karet bushing bisa semakin getas. Atau bisa juga pecah-pecah dan terparah sobek. Pada beberap kejadian, karetnya masih utuh tetapi sudah copot dari selongsong besinya. “Bisa bunyi kriet-kriet…,”. Bisa juga bunyi jeduk saat mengerem keras kalau bushing sudah oblak.

Bearing
Kalau apkir, suara mendengungnya khas. Bisa berirama seiring naiknya kecepatan. Asal tidak keliru dengan suara dengung ban. Bisa coba rotasi ban dan perhatikan suara dengungnya pindah atau tidak. Kalau tidak pindah, berarti memang bearing. Pada beberapa kejadian, putaran roda terasa kasar ketika diputar dengan posisi mobil terdongkrak.

Semoga bermanfaat...

0 Response to "Tips & Analisa Kerusakan Pada Kaki-kaki dan Roda"

Post a Comment