Memeriksa dan Memperbaiki Antena Accent/Cakra


Pada dasarnya antena pada Hyundai Cakra/Accent adalah model Automatic Elektrical (ga' tahu bahasa benarnya :v) yaitu secara otomatis naik saat HU (Head Unit) di ON dan otomatis turun saat HU di Off-kan. Sebelum anda menvonis u mereplace antena mobil anda ada baiknya anda terlebih dahulu memeriksanya. Baiklah ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Siapkan Kopi susu terlebih dahulu sambil dengerin musik dr dlm rumah :v (optional)
2. Copot spatboard sebelah kiri dan akan nampak motor/dinamo antena (sesuai anjuran om Nandieta Van Lorrenzo HACK...Thanks om).
3. Putuskan soket kabel antena dibagian bawah dashboard (posisi sudut).
4. Buka tutup atas antena dengan cara putar agar antena dapat copot dari dudukan dengan bebas.
5. Bongkar untuk memeriksa bagian dalamnya tapi hati2 bukanya agar part lain yg ada didalamnya tidak terhambur soalnya ada gulungan rel yang menggulung antena naik turun.
6. Periksa semua Dinamo & rodanya tidak ada kemacetan, setelah semua dipastikan msh berfungsi dengan baik, ada kemungkinan kabel yang tersambung ke bagian HU terjadi kesalahan atau tidak ada sambungan sama sekali. seperti yang terjadi di Cakra saya terjadi kesalahan sambungan pada kabelnya mengakibatkan antena tidak berfungsi sebagaimana mestinya.  
Kasus di Cakra saya : kabel power HU malah nyambung dengan kabel warna coklat-kuning antena, anehnya HU tetap nyala tp antena tidak berfungsi.
7. Perlu diketahui bahwa kabel antena ada 3 (tiga) yaitu : 1. Biru-Hitam, 2. Cokelat-Kuning, 3. Hitam.
8. Kabel warna Biru-Hitam disambung dengan kabel warna Orange HU (sepertinya ini kabel otomatisnya, apabila HU di ON antena akan secara otomatis naik, di Off-kan antena akan otomatis turun, di Cakra saya Kabel ini justru tidak digunakan).
9. Kabel warna Cokelat-Kuning, (kalau yg ini saya kurang begitu paham fungsinya karena setelah saya sambungin ke kabel warna orange HU tidak ada reaksi sama sekali, digabung dengan kabel warna Biru-Hitam membuat antena tidak otomatis turun saat HU di Off-kan), Kabel ini saya tidak fungsikan di Cakra saya.
10. Kabel warna Hitam untuk Ground/Massa, atau gabung dengan kabel Hitam HU terus kontakkan ke bodi mobil.
11. Seperti kasus yg terjadi di Cakra saya kabel warna Cokelat-Kuning tersambung dengan kabel Power (+) HU wrn Kuning, ini yg saya putuskan sambungannya dan sesuai saran dari Om Atailah Aja, Om Iyos Yoshi dan Om Tiger bahwa kabel Power HU seharusnya langsung tersambung ke Aki (+), karena apabila tidak disambung langsung ke jalur (+) Aki, semua settingan dan memory HU akan kereset lagi jika kunci kontak dicabut.
12. selanjutnya setelah semua sambungan dipastikan selesai dan benar, coba di tes nyalain HUnya, apakah antena sdh berfungsi otomatis atau belum, jika belum ada kemungkinan antenanya sdh waktunya u di replace.

Tambahan :
Antena tetap otomatis berfungsi pada saat HU ON (mainin musik MP3 dr memory atau dengar Radio FM), ada baiknya antena difungsikan hanya saat memutar Radio FM saja sedang saat mutar MP3 dr memory antena tidak diaktifkan, Jadi ada baiknya buatkan Saklar yang bisa mengatur demikian, Radio FM aktif pencet saklar (ON) antena naik otomatis, dengar MP3 Memory pencet saklar (Off) antena kegulung turun jadinya enak dilihat antena bisa diremote lwt Saklar daa. Na Posisi Saklar tempatkan yang muda dijangkau dan sedikit tersembunyi yaitu di Stir dekat switch lampu sein. Sambungan Kabel ke saklar dari Kabel warna Biru-Hitam.

3 Responses to "Memeriksa dan Memperbaiki Antena Accent/Cakra"

  1. Cari HU nya yg udah ada otomatisnya di FM radio aja.. saya pasang JVC untuk HU nya, jadi gak ribet.
    Ada output khusus radio fm on aja untuk menaik kan antena. Kalo dengerin usb. Antena otomatis turun

    ReplyDelete
  2. om, antena cakra saya error, ngegulung terus. jadi kabelnya ane potong semua.aman kondisi seperti itu om? apa ada pengaruh ke yang lain om?

    ReplyDelete
  3. Accent saya gak bisa naik turun om meskipun d nyalain radionya. Caranya gimana ya betulinnya tanpa bongkar"

    ReplyDelete